Maret 02, 2009

Pembuatan Kecap

Bahan :
1. Kedelai hitam 1 kg
2. Garam dapur 500g
3. Gula kelapa/aren 1kg
Dan bahan bahan pengharum/bumbu spt;
1. Wijen
2. Daun salam
3. Kemiri
4. Sere
5. Adas
6. Lengkuas
7. Pekak
8. Ebi
Alat-alat:
1. Panci
2. Nyiru
3. Wajan
4. Sendok
5. Kalo
6. Kompor
Cara Pembuatan:
Mula-mula kedelai dicuci dengan air sampai bersih, direndam lebih kurang 1 malam dengan 3 liter air. Keesokan harinya kedelai yang sudah berkembang direbus dengan air sampai masak dan lunak. Selanjutnya kedelai yang telah masak ini ditus dalam kalo supaya airnya keluar, kemudian kedelai diletakkan di atas nyiru. Setelah dingin diatur supaya merata diatas nyiru, gunakan sendok untuk meratakannya. Kedelai lalu ditutup dengan daun waru atau dengan nyiru lain.
Biarkan selama 3 hari sehingga tumbuh jamur, jamur yang ada diratakan. Jamur yang timbul ini berguna untuk memudahkan ekstraksi protein yang terkandung dalam kedelai.
Kemudian kedelai yang telah penuh ditumbuhi dengan jamur dikeringkan sampai benar-benar kering hingga semua jamurnya mati. Kemudian kedelai dikosek dengan tangan sehingga jamur terlepas dari kedelai berkali-kali sampai semua jamurnya hilang. Sementara itu buat larutan garam dapur 25% (dalam air) dengan cara melarutkan 500 gram NaCl dalam 2 liter air panas. Kedelai yang sudah bersih dari jamur lalu direndam dalam larutan garam 25% dalam sebuah wadah. Sebaiknya rendaman ini setiap hari dijemur di panas matahari agar ekstraksi protein yang terjadi berhasil baik. Kalau airnya berkurang, tambah air lagi agar volumenya tetap. Perendaman dilakukan selama seminggu atau lebih, kemudian baru langkah pemasakan kecapnya.

Cara memasak I
Semua bumbu digoreng sangan sampai masak (tanpa minyak), lalu ditumbuk sampai halus. Kedelai yang sudah direndam tersebut diatas kemudian direbus dengan 5 liter air selama kira-kira 3 jam, lalu dinginkan, saring dengan kain yang bersih. Air saringan ini berwarna keruh dan merupakan bahan kecapnya. Bahan kecap ini di tambah sedikit air bersih dan larutan gula kelapa/aren (dibuat dari 1 kg gula + 300 ml air), lalu dimasak sampai mendidih, terus di tambah bumbu yang telah dihaluskan tadi.
Biarkan mendidih selama 3 jam, lalu biarkan mendingin, lalu disaring. Air saringan ini merupakan kecap yang masih encer, agar menjadi kecap yang kental, maka perlu dipanaskan lagi. Kecap yang baik kalau diukur kepekatannya ± 270 Be.

Cara memasak II
Kedelai yang sudah direndam tersebut diatas kemudian disaring. Air saringannya direbus selama lebih kurang 3 jam, lalu ditambah bumbu kecap yang sudah di haluskan. Tunggu sampai mendidih, lalu dinginkan. Dalam tempat lain dibuat larutan gula kelapa/aren (dibuat dari 1 kg gula + 300 ml air) sambil dipanaskan sampai mendidih. Larutan kecap maupun bumbu kemudian disaring dengan kain bersih, lalu campurkan keduanya dengan perbandingan menurut selera. Campuran tersebut kemudian direbus sampai mencapai kekentalan yang diinginkan.

Catatan:
1.Bumbu kecap banyak variasinya yang biasanya dirahasiakan pabrik pembuat kecap karena mempengaruhi rasa kecap itu sendiri.
2.Proses pemasakan kecap sudah dianggap selesai jika bumbu telah benar-benar masuk dan mencapai kekentalan tertentu.
3.Sebelu dimasukkan botol, biasanya kecap disimpan dalam guci dari tembikar, semakin lama disimpan, makin enak rasanya.
4.Bahan kecap bisa bervariasi, mdari bungkil kacang tanah, ampas yahu, dll.
5.Untuk menambah kekentalan, kadang ditambahkan zat pengental, seperti larutan kanji atau tetes tebu (melase)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar