1.KONSTRUKTIVISME
Membangun pemahaman mereka sendiri dari pengalaman baru berdasar pada pengetahuan awal
Pembelajaran harus dikemas menjadi proses “mengkonstruksi” bukan menerima pengetahuan
2.INQUIRY
Proses perpindahan dari pengamatan menjadi pemahaman
Siswa belajar menggunakan keterampilan berpikir kritis
3.QUESTIONING (BERTANYA)
Kegiatan guru untuk mendorong, membimbing dan menilai kemampuan berpikir siswa
Bagi siswa yang merupakan bagian penting dalam pembelajaran yang berbasis inquiry
4.LEARNING COMMUNITY (MASYARAKAT BELAJAR)
•Sekelompok orang yang terikat dalam kegiatan belajar
•Bekerjasama dengan orang lain lebih baik daripada belajar sendiri
•Tukar pengalaman
•Berbagi ide
5.MODELING (PEMODELAN)
•Proses penampilan suatu contoh agar orang lain berpikir, bekerja dan belajar
•Mengerjakan apa yang guru inginkan agar siswa mengerjakannya
6.REFLECTION ( REFLEKSI)
Cara berpikir tentang apa yang telah kita pelajari
Mencatat apa yang telah dipelajari
Membuat jurnal, karya seni, diskusi kelompok
7.AUTHENTIC ASSESSMENT (PENILAIAN YANG SEBENARNYA)
Mengukur pengetahuan dan keterampilan siswa
Penilaian produk (kinerja)
Tugas-tugas yang relevan dan kontekstual
Tidak ada komentar:
Posting Komentar