Februari 25, 2009

Tujuh Komponen CTL

1.KONSTRUKTIVISME

Membangun pemahaman mereka sendiri dari pengalaman baru berdasar pada pengetahuan awal
Pembelajaran harus dikemas menjadi proses “mengkonstruksi” bukan menerima pengetahuan

2.INQUIRY

Proses perpindahan dari pengamatan menjadi pemahaman
Siswa belajar menggunakan keterampilan berpikir kritis

3.QUESTIONING (BERTANYA)

Kegiatan guru untuk mendorong, membimbing dan menilai kemampuan berpikir siswa
Bagi siswa yang merupakan bagian penting dalam pembelajaran yang berbasis inquiry

4.LEARNING COMMUNITY (MASYARAKAT BELAJAR)

•Sekelompok orang yang terikat dalam kegiatan belajar
•Bekerjasama dengan orang lain lebih baik daripada belajar sendiri
•Tukar pengalaman
•Berbagi ide
5.MODELING (PEMODELAN)

•Proses penampilan suatu contoh agar orang lain berpikir, bekerja dan belajar
•Mengerjakan apa yang guru inginkan agar siswa mengerjakannya

6.REFLECTION ( REFLEKSI)

Cara berpikir tentang apa yang telah kita pelajari
Mencatat apa yang telah dipelajari
Membuat jurnal, karya seni, diskusi kelompok

7.AUTHENTIC ASSESSMENT (PENILAIAN YANG SEBENARNYA)

Mengukur pengetahuan dan keterampilan siswa
Penilaian produk (kinerja)
Tugas-tugas yang relevan dan kontekstual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar